Berdasarkan Surat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor :
B / 2658 /M.PAN /8 / 2009 tanggal 26 Agustus 2009 perihal Pelaksanaan
Pengadaan CPNSD Tahun 2009 dan Nomor 188.P/M.PAN/9/2009, tanggal 9
September 2009, perihal Persetujuan Rincian Formasi CPNS Daerah Tahun
2009, maka Pemerintah Kota Balikpapan akan menyelenggarakan Seleksi
Pengadaan Calon PegawaiNegeri Sipil Daerah dari pelamar umum formasi
Tahun anggaran 2009.
Tahun ini jumlah yang akan dibutuhkan sebanyak 215 orang yang terdiri dari : - Guru 126 orang - Tenaga teknis 75 orang - Tenaga kesehatan 14 orang
A. PERSYARATAN 1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; 2. Memiliki integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia; 3. Warga Negara Indonesia dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP); 4. Terhitung pada tanggal 1 Januari 2010 usia pelamar : a) Serendah rendahnya genap berusia 18 (delapan belas) tahun ; b) Setinggi tingginya genap berusia 35 (tiga puluh lima) tahun ; 5.
Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan ( jenjang dan jurusan )
sesuai dengan lowongan formasi jabatan yang disediakan dengan nilai
rata – rata Indeks Prestasi Komulatif sebagai berikut : a) SMK Nilai rata rata ijazah minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) b) Diploma dan Sarjana Rumpun Non Eksakta dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) minimal 3,00 (tiga koma nol nol) c) Diploma dan Sarjana Rumpun Eksakta dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh puluh lima) 6. Memiliki tanda bukti pencari kerja/Kartu Kuning ( AK.1) yang diterbitkan oleh Instansi yang berwenang; 7.
Tidak Pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan
pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan
suatu tidak pidana kejahatan; 8. Tidak pernah diberhentikan dengan
hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai
pegawai Negeri Sipil / Anggota TNI / POLRI atau diberhentikan tidak
dengan hormat sebagai pegawai swasta; 9. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri/Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri/Pegawai Negeri Sipil; 10. Tidak berkedudukan sebagai anggota atau Pengurus Partai Politik; 11.
Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik
Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah; 12. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian Resort setempat; 13.
Sehat Jasmani dan Rohani, serta tidak pernah mengkonsumsi / menggunakan
narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya / bebas
narkoba yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter Pemerintah; 14.
Bersedia untuk mengabdi pada Pemerintah Kota Balikpapan secara terus
menerus selama 10 (sepuluh)Tahun, dibuktikan dengan surat Pernyataan
yang dibubuhi materai Rp 6000,-
Persyaratan nomor 7 sampai dengan 14 tersebut di atas, dilampirkan setelah dinyatakan lulus seleksi CPNS.
B. PENDAFTARAN
Peserta
yang memenuhi syarat sebagaimana dimaksud pada huruf A di atas dapat
mendaftarkan diri dengan mengirimkan lamaran melalui PT. Pos Indonesia
lewat layanan khusus pendaftaran CPNSD mulai tanggal 19 Oktober sampai
dengan 02 November 2009 (cap pos) dengan ketentuan sebagai berikut : 1.
Lamaran ditulis tangan sendiri oleh pelamar pada kertas folio bergaris
dengan huruf Kapital, menggunakan tinta cair warna hitam,
ditandatangani, dengan dibubuhi materai Rp. 6000,- 2. Lamaran ditujukan kepada Walikota Balikpapan sebagai contoh tersebut dibawah ini. Kepada : Yth. Walikota Balikpapan PO. BOX BKD 501 di- Balikpapan
3. Lamaran disertai dengan: •
Foto copy Ijazah Terakhir dan transkrip Nilai, yang telah dilegalisir
oleh Pejabat yang berwenang masing masing sebanyak 1 (satu) lembar. • Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar; • Foto copy tanda bukti pencari kerja/Kartu Kuning ( AK.1) yang diterbitkan oleh Instansi
berwenang dan telah dilegalisir oleh Instansi yang menerbitkan, bagi
pencari kerja berasal dari luar Kota Balikpapan diwajibkan melapor
untuk dicatat pada Dinas Tenaga Kerja Sosial Kota Balikpapan; •
Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku dan telah
dilegalisir oleh Instansi yang menerbitkan sebanyak 1 lembar; •
Amplop berwarna putih yang bertuliskan nama dan alamat lengkap pelamar
beserta nomor telepon yang akan digunakan sebagai balasan, dan
sekaligus panggilan mengikuti test bagi yang lulus seleksi
administrasi. • Dalam surat lamaran harus dicantumkan: Nama
lengkap, Jenis kelamin, Tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, Nomor
telepon rumah atau HP yang mudah dihubungi, formasi yang dilamar
berserta kodenya, kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan; • Surat lamaran beserta lampiran dimasukan dalam amplop warna coklat dan di sudut kiri amplop ditulis nama jabatan/formasi dan kode jabatan/formasi yang dilamar secara lengkap sesuai daftar lampiran ; • Berkas lamaran sebelum dimasukkan sampul / amplop coklat terlebih dahulu dimasukkan kedalam map sebagai berikut : a. Guru : Warna Kuning b. Tenaga Kesehatan : Warna Merah c. Tenaga teknis lainnya : Warna Hijau
3.
Keterangan lainnya seperti asli Kartu Tanda Pencari Kerja (AK-1),
Daftar Riwayat Hidup, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat
Keterangan Berbadan Sehat dari dokter Pemerintah, Surat – Surat
Pernyataan Calon Pegawai Negeri sipil dan lain – lainnya dilengkapi
setelah yang bersangkutan dinyatakan lulus seleksi; 4. Pengajuan lamaran berdasarkan pada formasi yang diperlukan dengan kualifikasi sebagaimana Daftar terlampir ; 5. Setiap pelamar hanya diperbolehkan mengajukan lamaran untuk 1 (satu ) formasi; 6. Biaya jasa pengiriman dan balasan pendaftaran melalui PT. Pos Indonesia menjadi tanggung jawab pelamar;
C. PELAKSANAAN UJIAN TERTULIS 1. Ujian Tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 15 November 2009 yang hanya dapat diikuti oleh peserta yang telah dinyatakan lulus administrasi; 2. Perlengkapan yang dibawa pada waktu Ujian tertulis : • Asli Tanda Peserta Ujian CPNS Tahun 2009; • Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP); • Pensil 2B; • Karet Penghapus; • Rautan; • Ballpoint; • Papan Alas Tulis; • Penggaris pengisian LJK (Lembar Jawaban Komputer)
D. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI 1.
Pengumuman hasil seleksi administrasi akan diberitahukan pada tanggal 5
November 2009, melalui Pengumuman di Badan Kepegawaian Daerah, Dinas
Tenaga Kerja dan Sosila, Kantor Pos, Website balikpapan go.id maupun
melalui surat kabar. 2. Peserta yang lulus seleksi administrasi berhak mengikuti seleksi ujian tertulis. 3.
Pengumuman hasil seleksi CPNSD tahap akhir didasarkan pada hasil ujian
tertulis, diumumkan melalui media cetak, papan pengumuman di lingkungan
Badan Kepegawaian Daerah Kota Balikpapan, Dinas Tenaga Kerja dan Sosial
Kota Balikpapan, Kantor Pos Website balikpapan.go.id.
E. KETENTUAN LAIN – LAIN : 1. Formasi Jabatan Calon pegawai Negeri Sipil Tahun 2009 dan kualifiksi pendidikan yang dipersyaratkan sebagaimana terlampir; 2. Pelamar yang tidak memenuhi persyaratan administrasi tidak mendapat panggilan mengikuti ujian tertulis; 3. Berkas lamaran tidak dikembalikan; 4. Pelamar yang terbukti melakukan perjokian dan atau memberikan keterangan palsu dinyatakan tidak lulus / gugur; 5. Selama pelaksanaan pengadaan CPNSD tidak menerima / melayani berkas lamaran yang dikirim secara langsung; Demikian pengumuman ini untuk diketahui sebagaimana mestinya.